Ortunya bakal minta si anak buat jaga toko milik ortunya beberapa lama sampai si anak paham dan bisa ditinggal, lalu bokapnya akan buka toko lagi di tempat yang lain. Dan biasanya ortunya pesan ke anaknya, kalau ada yang nanya bapak ke mana bilang aja bapak lagi keluar.
Dan kata-kata nyokap gue bener juga. Gue punya langganan tempat photo copy dan ngeprint, pemiliknya itu warga keturunan.
Awal gue dateng ke sana pemiliknya ibu-ibu, cerewet, judes, kalau manggil karyawannya teriak-teriak. Hihi. Tapi si ibu ini baik sama pelanggan, kadang kalo bete judes juga sih. Hahaha.
Gak berapa lama dua orang anaknya ikut bantu di sana, dan ternyata ada juga anaknya yang jago design buka kantor di lantai atas.
Beberapa bulan kemudian si ibu udah mulai jarang keliatan. Sekalinya dateng, saat ada pelanggan yang nanya total bon sama beliau, dia bilang "Jangan tanya sama saya dong, saya kan tamu di sini. Itu tanya sama bosnya." sambil nunjuk anaknya.
Dan, setelah itu si ibu gak pernah keliatan lagi, bener-bener ditangani sama anak-anaknya. Setiap kali pelanggan nanya ke anaknya si ibu ke mana, si anak bilang "Lagi ke Surabaya."
Satu hal yang gue salut, mereka bener-bener mengutamakan pelanggan dan bisa dipercaya. Pernah harddisk gue ketinggalan di sana, mereka langsung simpan dan kasih gue besoknya. Mereka juga kasih kepercayaan full ke pelanggan.
Lalu, gue juga punya langganan tempat makan di food court salah satu mall kecil di Jakarta, pemiliknya suami istri warga keturunan.
Pertama kali gue makan di sana, beliau cuma punya satu tempat makan. Ayam penyet, lele penyet, nasi dan lauk pauk lainnya, di satu tempat. Self service, ambil sendiri nasi dan lauk pauknya, terus baru diitung. Atau makan dulu sampai habis juga bisa, lalu tinggal ke kasir dan bilang udah makan apa aja. Bener-bener percaya sama konsumen.
Gue perhatiin suami istri ini kalo pelanggan lagi makan, pasti selalu disapa dan ditanya, "Gimana pak/ bu, ada yang kurang gak rasa masakannya?"
Karena gue juga pernah ditanya kayak gitu.
Selang beberapa bulan, mereka punya dua tempat makan, tempat yang pertama sekarang diisi sama makanan rumahan, tempat yang baru khusus ayam penyet dan lele penyet, laris banget makanan ini, soalnya emang enak dan pedesnya nagiihh.
Kemudiaan, yang terbaru, baru beberapa hari ini, mereka buka tempat makan yang ketiga! Hahaha, keren banget yaa, padahal belom ada setahun nih gue langganan di sini.
Tempat makan yang ketiga ini khusus sop iga, soto, dan mie ayam.
Gue nyoba beberapa hari yang lalu sama temen, sop iganya segeerr, tapi soto betawinya rada manis.
Selesai makan, salah satu temen gue kasih testimoni ke mami, pemilik warung makan ini, "Mami, sop iganya enak, seger, tapi soto betawinya agak manis."
Si mami yang tadinya lagi jaga kasir langsung manggil karyawan buat gantiin dia, dan dia sendiri ngacir ke tempat soto sambil menggumam, "Wah, kebanyakan kecap nih kayaknya."
Gue sama temen-temen langsung bengong dong, ya ampun, segitunya ya komplen customer di dengar.
Hihihi. Keren banget yaa.
Mami ini ramah, bahkan sama semua.
Hari ini gue liat beliau makan satu meja sama seorang kakek dengan wajah oriental juga, gue tanya ke kakek itu.
"Kakek orang tuanya?"
"Bukan, saya mah kerja juga di sini, di lantai bawah."
Si kakek cerita mami ini baik banget, kalau bulan Ramadhan, banyak makanan disiapin. Yang biasanya buka cuma sampe jam tigaan, pas bulan Ramadhan, buka sampai malem.
Gue langsung update di blog ini, biar gak lupa.
Biar semua yang baca juga bisa belajar sama mereka. Cara mereka bisnis keren banget, bener-bener utamain kepuasan pelanggan. Produk bagus, yang jual selalu terima masukan dari customer.
Wah, ini ilmu banget deh.
Semoga bisnis mereka semua semakin berkembang dan laris. Aamiin. :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar